Workshop Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah Berbasis Evaluasi Diri Sekolah (EDS) Tahun 2016


IMG_6346

Selasa, (31/05/2016) Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang mengadakan kegiatan workshop penyusunan rencana kerja sekolah serta rencana kegiatan dan anggaran sekolah berbasis Evaluasi Diri Sekolah (EDS) yang bertempat di Hotel Puncak. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Drs. Jumadi Kabid Pengembangan Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Enang Ahmadi, M.Pd Kepala LPMP Kepulauan Bangka Belitung dan Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan Drs. Alizar Amir yang mewakili Walikota Pangkalpinang, serta peserta dalam kegiatan tersebut Kepala Sekolah dan Operator Sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK se-Kota Pangkalpinang.

Drs. Alizar Amir menyampaikan bahwa Rencana Kerja Sekolah (RKS) serta Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) merupakan proses perencanaan atas semua hal dengan baik dan teliti untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan yang ingin dicapai agar sekolah dapat menyesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi sekolah, sosial budaya masyarakat, potensi sekolah dan kebutuhan peserta didik. RKS dan RKAS merupakan sesuatu yang mutlak ada di setiap sekolah atau madrasah. Sebagaimana telah di atur dalam Permen Diknas Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan.

Lebih lanjut Drs. Alizar Amir menjelaskan RKS dan RKAS di jadikan dasar pengelolaan sekolah/madrasah yang ditujukan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan dan akuntabel dan mengingat pentingnya RKS dan RKAS yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang untuk memberikan pengertian, pemahaman serta bagaimana menyusun dan merevisi rencana RKS dan RKAS yang lebih mengakomodir semua kepntingan sekolah baik dari Kekuatan (Strenght), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opurtunity), dan Ancaman (Threat).

Melalui kegiatan ini diharapkan akan adanya output yang jelas, keberhasilan perencanaan sangat di tentukan oleh peran serta aktif dari seluruh warga sekolah, oleh karena itu harus melibatkan seluruh komponen sekolah untuk menyamakan persepsi terhadap visi dan misi sehingga seluruh program yang dijalankan oleh sekolah tidak menyimpang dari visi dan misi tersebut._(Humaspemkot-pkp)

You may also like...