Wisata Kuliner

Minuman Tai Fu Sui, Kuliner Khas Bangka

segelas tai fu sui

Tai fu sui adalah minuman khas Bangka yang sangat populer khususnya di wilayah kota Pangkalpinang. Oleh masyarakat Bangka, minuman ini sering disebut ‘fu sui’. Sebetulnya Fu Sui merupakan minuman yang diolah dengan bahan utama kacang kedelai. Sekilas minuman ini hampir sama dengan susu kedelai yang biasa dijajakan di pulau Jawa. Hanya saja Tai fu sui di bangka punya cita rasa yang khas.

Kuliner khas Bangka yang satu ini bisa anda temukan dengan mudah diseputar alun-alun kota Pangkalpinang. Para penggemar tai fu sui bisanya menyebut aktifitas meminum fu sui dengan istilah ‘Musoi’. Nah, Musoi akan terasa semakin beda jika dilakukan beramai-ramai dengan teman atau keluarga sembari ngobrol santai plus ditemani makan otak-otak dan aneka jajanan ringan khas Bangka lainnya.

Tai Fu Sui (susu kedelai) adalah minuman khas bergizi, terbuat dari kacang kedelai murni. Tai biasanya dibuat oleh masyarakat keturunan Cina namun ada juga masyarkat Melayu. Kuliner khas Bangka yang satu ini biasaya dijual pada pagi hari dan juga pada malam hari. Sekarang Tai Fu Sui banyak dikreasikan oleh masyarakat dengan berbagai rasa terutama rasa buah-buahan.Berikut resep bahan yang diperlukan untuk membuat Tai Fu Sui:
Kacang Kedelai
Air
Dan beginilah cara membuat minuman khas Bangka Tai Fu Sui :
Bersihkan kacang kedelai dari kulitnya dan dicuci bersih. Rendam kedelai beberapa saat kemudian blender kedelai sampai halus. Saring Selanjutnya rebus dengan api sedang bersama air Setelah mendidih diangkat. Tai Fu Sui dapat disajikan. Namun jika ingin mngkreasikan cita rasa buah-buahan bisa dimasukan buah-buahn yang telah dipotong sesuai selera dan masukan ke air yang mendidih tersebut sampai masak. Bisa  ditambah gula. Dapat dihidangkan panas atau dingin.

Makanan Khas Otak-Otak Bangka

otak-otak bangka

Kuliner makanan otak otak bangka ada dua macam yakni : otak otak daging ikan berwarna putih dan satunya bewarna coklat yang terdiri dari kulit dan daging ikan yang masih segar jadi antara daging dan kulit ikan tenggiri dipisahkan sehingga warna cuklit itu berasal dari warna kulit ikan tenggiri.

Otak otak bangka dimakan menggunakan sambal atau saus , ada tiga macam disajikan sambal biasanya saus sambal asam, saus sambal biasa dan saus sambal terasi dengan jeruk nipis yang hanya terdapat dibangka dan biasanya para travelling dan wisatawan lebih suka menggunakan sambal tauco yang sangat menggugah selera, otak otak bangka kecil mungil tapi menggigit rasa ikannya.

Rasa otak otak bangka hampir sama dengan empek yang bahan dasarnya dari ikan namun proses pembuatan otak otak bangka jauh berbeda dengan empek empek karena otak otak bangka di bungkug dengan daun pisang kemudian dibakar sehingga rasa ikannya masih terasa karena tidak dilakukan dengan proses penggorengan menggunakan minyak goreng, otak otak bangka kecil mungil tapi menggigit rasa ikannya.