Walikota Pangkalpinang Menghadiri Pembukaan Festival Seroja

 
FESTIVAL SEROJAWALIKOTA PANGKALPINANG MENGHADIRI PEMBUKAAN FESTIVAL SEROJA

Pembukaan acara Festival Seroja ini dilaksanakan di Alun-alun  Taman Merdeka Pangkalpinang, pada hari (Senin, 2/11/2015). Yang diikuti oleh 114 peserta  yang berasal dari siswa-siswi sekolah di Kota Pangkalpinang, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan Grup Rebana Paguyuban, Grup sanggar serta kelompok umum lainnya.

Pergelaran Festival Seroja ini dibuka oleh Ketua PKK Pangkalpinang, Ibu Dessy Irwansyah istri Walikota Pangkalpinang, Bapak Muhammad Irwansyah yang mengibarkan Bendera start.
Kepala Disbudparpora Pangkalpinang, Ahkmad Elvian Juga menyampaikan bahwa pergelaran festival seroja ini diadakan untuk merevitalisasi dan reaktualisasi budaya lokal yaitu mengangkat kembali seroja sebagai sarana perlengkapan pada upacara adat yang berhubungan dengan daur hidup seperti pada saat khitanan, khataman atau perkawinan. Asisten III, Radmida Dawam menambahkan bahwa pada saat ini pemanfaat seroja dalam upacara adat dan tradisi masyarakat Bangka sudah jarang dilakukan dan masyarakat lebih senang menggunakan souvenir modern sebagai pelengkap upacara adat dan tradisi, padahal dengan memanfaatkan seroja banyak nilai yang diperoleh disamping pelestarian budaya daerah.

Pergelaran ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda & Olahraga (Disbudparpora) Kota Pangkalpinang sebagai salah satu event kalender dalam rangka menyukseskan Visit Pangkalpinang 2015. Festival Seroja ini dilaksanakan untuk kedua kalinya, yang diharapkan bisa menjadi icon dan Identitas bagi Kota Pangkalpinang sebagaimana daerah-daerah lain yang telah memiliki Festival sebagai Identitas daerahnya seperti Festival tabot, festival bunga, fashion art festival dan lain sebagainya._(humas-pkp)

You may also like...