Sosialisasi Kebijakan Kependudukan 2016


IMG_5062

Wawako Pangkalpinang Muhammad Sopian membuka acara dan menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kependudukan Tahun 2016 di Ruang Pertemuan Kantor Kecamatan Girimaya Kota Pangkalpinang, Kamis (19/05). Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang dihadiri oleh Kepala Dukcapil Kota Pangkalpinang Drs. Armada, MM dan Camat Girimaya Yansyah Tri Darmawan Putra, S.STP, serta Lurah dan Ketua RT/RW se-Kecamatan Girimaya.

Sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin setiap 1 bulan sekali yang dilaksanakan oleh Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang di seluruh kecamatan di pangkalpinang dengan tujuan untuk mengupgrade informasi terbaru mengenai pembaruan E-KTP dan pembuatan Kartu Indentitas Anak (KIA).

Muhammad Sopian menjelaskan E-KTP pertama kali dibuat tahun 2011, tetapi sampai sekarang belum semua warga Pangkalpinang yang mempunyai E-KTP.  Baru 80 % warga Pangkalpinang yang sudah mempunyai E-KTP. Oleh karena itu, ini merupakan tugas pokok bersama yang sangat penting, dalam rangka meningkatkan tertib administrasi penduduk sipil, dan akhir tahun 2016 E-KTP harus selesai masa pembuatannya.

“Saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan terobosan terbaru yang dimulai bulan Maret 2015 kemarin, bahwa sekarang anak yang baru lahir sudah mempunyai KIA dengan tujuan untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak yang mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 02 tahun 2016 tentang KIA wajib dimiliki anak,” kata Muhammad Sopian.

Menurut Muhammad Sopian kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan agar masyarakat bisa bekerja sama dengan Dinas Dukcapil untuk melakukan pendataan warganya yang belum memperbaharui kartu identitasnya._(humaspemkot-pkp)

You may also like...