Peringatan Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran Ke-97 Tahun 2016


PERINGATAN HARI ULANG TAHUN PEMADAM KEBAKARAN KE-97 TAHUN 2016

Tema “Profesionalitas Damkar Hadir Memberikan Pelayanan Pencegahan, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Sebagai Perwujudan Butir Pertama Nawa Cita”.

Acara peringatan HUT Pemadam Kebakaran ke-97 Tahun 2016 ini dihadiri oleh Wakil Walikota Pangkalpinang, Pejabat dari lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang, Kepala SKPD dan Pegawai Pemkot lainnya. Acara ini diadakan di halaman Gedung Tudung Saji Kantor Walikota Pangkalpinang, (Senin, 29 Februari 2016).

Tanggal 1 Maret merupakan hari bersejarah bagi petugas pemadam kebakaran yang dahulu dikenal dengan sebutan Branweer, kisah perjuangan dan pengorbanan petugas damkar yang telah melalui masa-masa tersulit untuk melakukan pertolongan, memberi pelayanan pencegahan, pemadam kebakaran dan penyelamatan terhadap korban kebakaran dan bencana lainnya. Maka dari itulah patut kita peringati hari pemadam kebakaran setiap tahunnya sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan para petugas yang dikenal sejak tahun 1919. Tupoksi pemadam kebakaran dikenal dengan Panca Dharma dengan motto “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya”.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Pangkalpinang M.Sopian menyampaikan sambutan Menteri Dalam Negeri dengan menegaskan bahwa Peringatan HUT Pemadam Kebakaran ke-97 Tahun 2016 kali ini, mengajak seluruh bangsa Indonesia melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dan pentingnya tindakan mengedepankan preventif atau pencegahan dari pada responsive kebakaran serta terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas personil dan kelembagaan damkar untuk menyongsong tugas yang semakin komplek di masa yang akan datang. Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri pada Peringatan HUT Pemadam Kebakaran ke-97 Tahun 2016 yang dibacakan oleh Wakil Walikota Pangkalpinang M.Sopian ini, berharap kepada seluruh satuan tugas pemadam kebakaran, satuan sukarela pemadam kebakaran, barisan sukarela pemadam kebakaran agar selalu siap siaga jangan lengah, harus sigap, cepat, cekat dan cerdas dalam menghadapi kebakaran._(humaspemkot-pkp)

You may also like...