Peringatan Hari Lansia Nasional


0L7A5680

Senin, tanggal 30 Mei 2016, bertempat di Ballroom Hotel Grand Mutiara Pangkalpinang telah diadakan acara dalam rangka memperingati Hari Lansia Nasional Tahun 2016. Acara yang diselenggarakan oleh Dinsosnaker Kota Pangkalpinang ini dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Pangkalpinang, Muhammad Sopian.

Tema peringatan Hari Lansia Tahun 2016 ini yaitu ‘Bersama Lansia, dari Lansia, untuk Lansia’. Tema ini mengandung arti bahwa semua pihak harus berperan serta dalam menciptakan suasana lansia bahagia dan terpenuhinya hak-hak para lansia, meningkatkan kesejahteraannya dan mengikut sertakan lansia dalam proses pembangunan sesuai kapasitasnya. Sedangkan Sub Tema Hari Lansia Nasional Tahun 2016 ini adalah ‘Lanjut Usia berperan dalam peningkatan pembangunan kesejahteraan sosial’. Sub Tema ini mengandung arti bahwa lansia dengan kepeloporannya, dengan pengalamannya, dengan keteladanannya, sesungguhnya merupakan subjek pembangunan. Lansia di usia emasnya, memiliki potensi luar biasa, pemikirannya sangat dibutuhkan dalam pembangunan bangsa dan negara, khususnya untuk pembangunan bidang kesejahteraan sosial.

Dalam Kesempatan ini, Wakil Walikota Pangkalpinang menyampaikan beberapa kata sambutan dari Menteri Sosial RI. Diantaranya beliau mengatakan bahwa Pemerintah mempunyai komitmen yang tinggi terhadap kesejahteraan sosial lansia. Hal ini tercermin dengan telah diterbitkannya berbagai perangkat peraturan perundang-undangan penanganan lansia yang cukup memadai, sebagai landasan atau pedoman bagi penyelenggaraan kesejahteraan lansia di indonesia. Beliau juga mengajak segenap warga masyarakat diseluruh tanah air agar terus berupaya sekuat tenaga memberikan peluang kepada lansia untuk tetap sehat, aktif dalam arti berpartisipasi dalam pembangunan dan memperoleh perlindungan sosial dihari tuanya. _(humaspemkot-pkp)

You may also like...