Pembukaan Pameran Bursa Kerja Tahun 2016


IWAN1465 IWAN1534 IWAN1540 IWAN1562 IWAN1653
Rabu, (27/07) Dalam acara pembukaan pameran bursa kerja tahun 2016 yang bertempat di Citraland Botanical City Kota Pangkalpinang dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Ketua Pengadilan Negeri Kota Pangkalpinang, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Pangkalpinang, Kapolresta Pangkalpinang atau yang mewakili, Kepala Kodim 0413 Bka atau yang mewakili, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Para pejabat Eselon II, Eselon III, Camat dan Lurah dalam Lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang serta Para Pimpinan Perusahaan yang telah berpartisipasi sebagai peserta kegiatan Pameran Bursa Kerja dan Para Tamu Undangan.

Sekda Kota Pangkalpinang Radmida Dawam yang mewakili Walikota Pangkalpinang menyampaikan tujuan kegiatan Pameran Bursa Kerja yang kedua kalinya diadakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu Peningkatan Peluang Karir dan kesempatan Kerja. Kegiatan semacam ini sangatlah penting dan strategis dalam upaya mengurangi tingkat pengangguran. Perkembangan ketenagakerjaan di Kota Pangkalpinang dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Perkembangan tersebut dapat diketahui dari data yang ada, dimana data pencari kerja 3 tahun terakhir yang kami terima sebanyak 2.317 orang dengan rincian 1.234 orang laki-laki dan 1.083 orang perempuan.

Berdasarkan data tersebut, secara umum dapat diketahui bahwa masih banyak terdapat pengangguran terbuka yang tersebar di 7 kecamatan dalam wilayah Kota Pangkalpinang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :

  1. Pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi
  2. Pertumbuhan kesempatan kerja yang masih rendah
  3. Perdayagunaan tenaga kerja yang masih rendah
  4. Tingkat pendidikan dan produktivitas tenaga kerja yang masih relatif rendah
  5. Penyebaran penduduk yang merantau tidak merata
  6. Ketidakseimbangan yang diakibatkan adanya kesenjangan informasi antara perusahaan pengguna tenaga kerja dengan pencari kerja

Sekda Kota Pangkalpinang menegaskan upaya untuk menanggulangi itu semua adalah dengan kegiatan Pameran Bursa Kerja ini. Kegiatan ini merupakan sarana pertemuan langsung antara para pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja, disamping sebagai pelaksanaan salah satu fungsi dari pelayanan penempatan tenaga kerja. Adanya lowongan tenaga kerja, merupakan indikator adanya pertumbuhan dibidang ekonomi, baik pertumbuhan disektor-sektor pemerintahan maupun di dunia usaha swasta lainnya. Pertumbuhan ekonomi di dunia usaha swasta merupakan tumpuan penyerapan tenaga kerja. Pemerintah Kota Pangkalpinang senantiasa memfasilitasi dan berupaya menciptakan iklim usaha yang kondusif dan berpihak pada usaha swasta yang banyak menyerap tenaga kerja.

Harapan Pemerintah Kota Pangkalpinang terhadap pelaksanaan Pameran Bursa Kerja Tahun 2016 terdapat penyerapan tenaga kerja sebanyak mungkin keluarga dapat terjamin, mengurangi pengangguran di Kota Pangkalpinang. Selain itu, diharapkan kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan atau lembaga lain yang sejenis di waktu-waktu yang akan datang. pemerintah Kota Pangkalpinang menyampaikan  penghargaan yang tinggi kepada para peserta yaitu perusahaan swasta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Pameran Bursa Kerja Tahun 2016. _(Humaspemkot-pkp)

You may also like...