Pembinaan bagi LKM Kota Pangkalpinang Tahun 2016


IMG_4354 IMG_4360 IMG_4371 IMG_4362

Sektor keuangan merupakan hal yang tidak terlepas keterkaitannya dengan sektor perekonomian. Meskipun kinerja sektor keuangan Indonesia terlihat belakangan ini menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan, namun dalam hal ini pertumbuhan yang berkeadilan belum dapat dicapai karena pada kenyataannya aksesibilitas masyarakat terutama yang berpenghasilam rendah dan pengusaha mikro terhadap perbankan masih sangat terbatas. Terbatasnya akses terhadap sektor perbankan tersebut dapat menjadi pintu masuk bagi kreditor informal yang menerapkan suku bunga tinggi. Dengan demikian, untuk memenuhi kebutuhan layanan keuangan yang terjangkau kepada masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku usaha mikro, keberadaan LKM menjadi sangat di butuhkan. Peran LKM saat ini dalam memberikan jasa pelayanan keuangan mikro kepada masyarakat belum optimal.

Bertempat di Hotel Jati Wisata (1/9) Pemerintah melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Pangkalpinang mengadakan kegiatan Pembinaan bagi Lembaga Keuangan Mikro (LKM). Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Fitriansyah, A.Ks, M.Si dan juga memberikan sambutan. Dalam sambutannya Fitriansyah menjelaskan pelatihan ini merupakan salah satu tugas Pemerintah Daerah sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Pusat untuk melakukan pembinaan kepada LKM yang ada di wilayah kota Pangkalpinang. Pemerintah daerah dalam kepeduliannya dengan permasalahan pelaku ekonomi didaerahnya termasuk LKM dituntut untuk mampu merumuskan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan para pelaku ekonomi di daerahnya tersebut.

Harapan dari Pemerintah Kota Pangkalpinang dengan dilakukannya pembinaan seperti ini akan semakin mendorong dan mengikat kita untuk selalu meningkatkan koordinasi sehingga akan lebih mudah dalam melakukan pembinaan. Serta dapat saling memahami kepentingan, tugas dan tanggung jawab kita bersama dalam pemberdayaan LKM ini sehingga tujuan dan sasaran dari pengelolaan berbagai program yang dirancangkan pemerintah dapat kita laksanakan dengan baik, optimal dan berdampak positif bagi pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat._(humaspemkot-pkp)

 

You may also like...