Besar Maupun Kecil Tetap Akan Ditindak Tegas


Pengukuhan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Di Kota Pangkalpinang

Penanganan pungli merupakan salah satu prioritas presiden untuk mendorong kinerja aparatur didalam pemerintahan khususnya pada pelayanan publik baik di pusat maupun di daerah agar tetap bersih bebas dari KKN dan pungutan liar yang sering terjadi tanpa disadari dan telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan mampu menimbulkan efek jera. Upaya dimaksud dilakukan Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Pembentukan Tim Satgas Saber Pungli merupakan tindak lanjut dari Presiden RI Nomor 87 tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli dan Instruksi menteri Dalam Negeri Nomor 180/3934/SJJ Tentang Pembentukan Unit Satgas Pemberantasan Pungli Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Keanggotaan Saber Pungli merupakan gabungan bersama instansi di Kota Pangkalpinang yang terdiri dari berbagai unsur mulai dari kepolisian Kota Pangkalpinang, Kejari dan Kodim 0413 Bangka serta Aparatur Sipil Negara pada Pemerintah Kota Pangkalpinang, karena fungsi yang melekat dalam menjalankan tugasnya adalah fungsi Intelijen, Pencegahan, Penindakan dan Yustisi. Disamping fungsi tersebut satgas Saber Pungli mempunyai kewenangan membangun sistem pencegahan dan pemberantasan Pungli, melakukan pengumpulan dan informasi yang terkait dengan menggunakan teknologi informasi, mengkoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan operasi tangkap tangan (OTT) serta memberikan sangsi kepada pelaku pungli sesuai ketentuan yang berlaku.

Tugas Satgas Saber Pungli tersebut tidak hanya mencari dimana tempat terjadinya pungli melainkan harus terbuka dan peka terhadap laporan dan masukan yang diterima dari masyarakat. Masyarakat diharapkan ikut berperan aktif mengawasi dan melaporkan aktivitas pungli yang mereka temukan dilingkungan pemerintah. Oleh karena itu Pelaksanan Tugas Walikota Pangkalpinang menyampaikan untuk mendukung keterlibatan masyarakat dalam hal pemberantasan Pungli, Tim Satgas Saber Pungli Kota Pangkalpinang menyediakan layanan khusus bagi masyarakat sehingga mempermudah masyarakat melaporkan segala bentuk pungli yang terjadi melalui Email saberpunglipkp@gmail.com atau sms center 082279455500 yang akan disebarkan ke masyarakat melalui spanduk yang akan dipasang di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kota Pangkalpinang dan instansi yang terkait dalam TIM Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar ini. Plt Walikota Pangkalpinang mengharapkan seluruh Masyarakat Kota Pangkalpinang untuk tidak ikut terlibat didalam praktek pungli dan masyarakat harus berani menolak manakala terjadi praktek pungli dalam pelayanan yang diterimanya._(humaspemkot-pkp)

You may also like...