Ayo Sukseskan Pemberian Obat Pencegahan Massal Filariasis di Kota Pangkalpinang

IMG_7792 IMG_7770
Penyakit Filariasis atau penyakit kaki gajah, masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang perlu mendapat perhatian secara serius. Khusus untuk kota Pangkalpinang sampai saat ini terdapat 3 (tiga) kasus kronis filariasis yang ditemukan pada tahun 2004. Hasil Transmission Assesment Survey (TAS) tahun 2014 yang dilaksanakan oleh tim Direktorat Jenderal PP & PL Kementrian RI di Kota Pangkalpinang terhadap 1500 orang siswa/siswi kelas 1 dan kelas 2 pada 32 SD yang menjadi sampel. Dari hasil suvey darah jari tersebut terdapat 46 sediaan darah positif mengandung anak cacing (microfilaria) dari target toleransi maksimum kurang dari 18. HAl ini berarti bahwa masih berpotensi terjadinya pemularan penyakit Filariasis di masyarakat.

Berdasarkan hasil survey tersebut, Dirjen PP & PL Kementrian RI merekomendasikan bahwa kota Pangkalpinang harus melakukan pengobatan ulang massal pencegahan Filariasis selama 2 (dua) tahun berturut-turut.

Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis putaran pertama telah dilaksanakan pada tahun 2015 dengan hasil cakupan pengobatan sebesar 80,96% dari semua jumlah penduduk kota Pangkalpinang. Tentunya untuk pengobatan massal tahun kedua ini diharapkan cakupan pengobatan melebihi cakupan tahun pertama, mengingat satu-satunya cara untuk mencegah penularan penyakit kaki gajah adalah dengan minum obat pencegahan secara massal. Pemberiian Obat Pencegahan Massal (POPM) putaran kedua tahun 2016 dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap. Tahap pertama pemberian obat pada anak berusia 2-14 tahun yang diberikan di sekolah-sekolah se-Kota Pangkalpinang oleh tenaga kesehatan dan tahap kedua pemberian obat kepada masyarakat umum oleh kader pelaksana pemberian obat sudah terlatih dan didampingi oleh tenaga kesehatan.

Mengingat pentingnya pengobatan ini, Selasa 18 Oktober 2016 Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah Mendeklarasikan Pencanangan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis dan diharapkan kepada seluruh masyarakat yang menjadi sasaran dan tidak dalam kelompok pengobatan yang ditunda untuk meminum obat pencegahan penyakit kaki gajah demi tercapainya masyarakat Kota Pangkalpinang yang bebas dari penyakit kaki gajah._(humaspemkot-pkp)

 

 

You may also like...