RT/RW adalah Mulut dan Telinga Pemerintah

  • 6
  • 7
  • 8
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • _ONE0263

45_ONE0263

Pembangunan merupakan hal yang sangat mendasar dalam menjalankan pemerintahan baik di tingkat pusat hingga di tingkat daerah. Implikasinya, Pemerintaha memiliki kewajiban untuk mensejahterahkan, melaksanakan pembangunan dengan baik serta membenahi tatanan kemasyarakatan. Lebih dari itu, pembangunan di setiap wilayah adalah sebuah upaya dengan spektrum kegiatan yang menyentuh pemenuhan berbagai macam kebutuhan sehingga segenap anggota masyarakat dapat manidiri, percaya diri, tidak bergantung, kreatif dan inovatif. Mewujudkan hal tersebut tidak serta merta menjadi tanggung jawab dan keberhasilan pemerintah saja. Namun semua itu bergantung pula dari peran Pengurus RT/RW diseluruh lingkup Kota Pangkalpinang. Peran pengurus RT dan RW dalam pembangunan di Kota Pangkalpinang sangatlah vital. RT/RW adalah mulut dan telinga pemerintah yang memiliki fungsi sebagai penyaimpai  kebijakan-kebijakan pemerintah, sebagai penerima aspirasi pertama dimasyarakat, berada ditengah konflik masyarakat sehingga merekalah yang memiliki pemahaman lebih terhadap sekala permasalahan dan segala kondisi yang terjadi dimasyarakat.

Pemerintah Kota Pangkalpinang menyadari, pengurus RT/RW harus berperan aktif dalam mendukung visi dan misi pembangunan pemerintah daerah, RT/RW mampu menjadi dinamisator sekaligus katalisator peningkatan pastisipasi masyarakat dalam meningkatkan pelayanan, pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, berperan dalam penataan lingkungan hidup, menjadi fasilitator yang dapat menjaga komunikasi dan harmonisasi program-program dari pemerintahan kepada masyarakat ataupun sebaliknya memberikan masukan kepada pemerintah secara objektif, optimal dam berkesinambungan sesuai mekanisma yang berlaku dan RT/RW berperan penting dalam peningkatan kapasitas pendapatan daerah. Oleh karena itu sudah saatnya program-program pembangunan di Kota Pangkalpinang bisa menjadikan RT/RW sebagai penggerak utama, sebagai pionir utama atau garda terdepan.

Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2013-2018 telah mengamantakan dalam misi ke-3 yang disarankan untuk “meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik melalui tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik”. Dan dalam Road Map Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Pangkalpinang berkomitmen untuk membenahi dan memperbaiki administrasi pemerintahan di berbagai aspek penyelenggaraan mulai dari pelaksanaan pembangunan di tingkat kota hingga tingkat RT maupun RW.

Pemerintahan Kota Pangkalpinang memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pengurus RT/RW yang telah purna tugas dan memberikan amanat dan tanggungjawab besar kepada pengurus RT/RW yang terpilih sesuai dengan Peraturan Walikota Pangkalpinang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberentihan Pengurus RT/RW di Kelurahan dan Pengukuhan ini dilaksanakan secara resmi dengan penghormatan kepada Pataka Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Pemkot Pangaklpinang sangat beharap peran serta tugas pokok dan fungsi Pengurus RT/RW yang tentunya merupakan bagian penting bagi Pemerintah Kota Pangkalpinang dapat mendukung dalam pembangunan di bebagai bidang secara optimal. Dan tentunga Pengukuhan RT/RW ini tidak hanya sebatas seremoni. Tapi bagaimana kita memanfaatkan momen berkumpul ini sebagai informasi sekaligus momentum mengabdi secara optimal demi kemajuan Kota Pangkalpinang dari waktu ke waktu.­_(humaspmkot-pkp)

 

 

 

You may also like...